BAHAYA GAME ONLINE

Label:

Oleh: Muhammad Ery Zulfian

Anak-anak sekarang lebih modern, permainan tradisional sudah dilupakan. Sekarang beralih ke teknologi canggih bin ghaib, sebut saja yaitu game lewat sambungan internet. Terenyuh, terdiam, terpukul merasakan jiwa-jiwa yang hilang. Melayang otak Saya mengingat masa lalu saat masih bertitel anak-anak.

Kalau membandingkan masa anak-anak jaman Saya dengan masa anak-anak sekarang, mmm ya mau gimana lagi, beda sangat jauh. Kemajuan jaman yang semakin canggih adalah salah satu dampaknya. Dulu ingat betul mainan tradisional seperti gundu, logo, petak umpet, asin, benteng, gasing, tawak sandal dan lain-lain membumi. Sekarang lihat saja sudah tergerus oleh modernisasi jaman. Mungkin cuman ada di desa-desa tertentu saja. Di kota-kota besar sudah hilang. Anak-anak malah patuh dengan game online yang secara langsung dan tidak langsung berdampak pada jiwa psikologis dan materi mereka. Bagaimana tidak? Kapan belajarnya kalau nge’game melulu. Nge’game mah boleh saja asal kalau udah tepat waktunya. Waktunya itu kapan? Ya pas sudah stres-stresnya ngadepin hitungan matematika yang kayak kereta api panjangnya dan hapalan yang semrawut kayak tumpukan sampah di bak sampah.

Oke, balik maning ke topik. Benar sih anak-anak sekarang tambah aneh bin gaje, gimana generasi penurus entar ya kalau anak-anaknya aja sudah suka nge’game gitu. Peran orang tua kali ini diuji. Masa nge’biarin begitu saja anak-anaknya. Atau jangan-jangan tuh orang tua juga main game di rumah, hehe. Becanda. Dari sana Saya dapat mengambil kesimpulan, dampak-dampak apa saja yang akan timbul dari mereka yang suka nge’game?  Yang pertama, jelas anak-anak pasti akan malas belajar karena pikirannya selalu melayang ke Game Online sampai-sampai penasaran dengan level selanjutnya, apalagi waktu malam hari pas mau tidur, bisa jadi terbawa mimpi tuh game. Kedua, Pemborosan uang karena harus membayar uang sewa  game online. Apalagi kalau si anak pakai ngutang atau nyopet uang orang tua segala. Na’udzubillah. Ketiga, bisa jadi meninggalkan sholat 5 waktu apalagi sholat sunahnya karena keasyikan bermain. Nah, ini nih yang bikin parah. Saking asyiknya nge’game anak-anak pada lupa sama waktu sholatnya. Faktanya memang begitu.

Ya, itu dia segelintir dampak buruk bagi anak-anak yang kecanduan apalagi hobi bermain game online. Buat orang tua, tolong dijaga sang buah hati biar tidak larut dalam permainan dunia maya tersebut. Kalau sang anak kecandauan bisa jadi ada penyesalan di waktu mendatang. Waspadalah!!!

1 komentar:

  1. gambutku mengatakan...:

    yg tua gen ka kadang2 umpat jua main game online.:D

Posting Komentar