UCAP CUAP TENTANG MENTORING

Label:

Ini adalah tugas hasil wawancara kelompok 13 (BI2R, Bilal bin Rabah) Mentoring FSI ULUL ALBAB FMIPA UNLAM, kepada petingi-petinggi mahasiswa yang menggelayuti organisasi di FMIPA UNLAM, Mari simak:

“Pelaksanaannya sudah bagus. Saya mendukung, tapi mungkin ada beberapa hal yang perlu diperkuat, misalnya, perlu atau tidaknya menyertakan mentoring sebagai program 1 SKS. Menurut Saya, buat saja 1 SKS tambahan. Kemarin sudah dibahas mengenai hal itu. Baiknya buat saja 1 SKS, dan 2 SKS nya lagi kuliah tatap muka dengan dosen. Tapi, kendalanya program mentoring ini cuman ada di FMIPA Unlam, kalau misalkan di seluruh fakultas setuju, tidak menutup kemungkinan hal itu bisa terealisasi.”
~Muhammad Harmudzie (Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA Unlam)~


“Bagus sekali. Kalau bisa hal-hal seperti ini terus berlanjut. Di sini banyak mengandung manfaat, diantaranya: Masalah kuliah dapat teratasi, pengetahuan Islam bertambah, tartil Qur’an makin mantap dan teman makin banyak. Yang paling berkesan saat mentoring, ya bias ngumpul, saat membaca Qur’an bersama, sholat bersama, dan saling konsultasi untuk menambah keakraban.”
~Aditya Warman (Ketua Himpunan Mahasiswa Matematika FMIPA Unlam)~


“Mentoring itu intinya bisa mendekatkan diri kita kepada Allah dan kita bisa dapat banyak teman.”
~Rizky Kurniawan (Ketua Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA Unlam)~


“Dengan adanya mentoring mahasiswa mendapatkan ilmu yang mampu memberikan wawasan yang lebih luas sehingga ruang lingkup kita menjadi berkembang. Kemudian nilai positif yang dapat diambil ialah mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk lebih dekat kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu memahami ajaran Agama Islam serta dapat mengenal anggota satu sama lain yang berbeda program studi termasuk kepada kakak tingkat.”
~Supriyadi Yahya (Ketua Himpunan Mahasiswa Biologi FMIPA Unlam)~


“Mentoring itu bagus, terutama untuk mahasiswa baru, karena di sini kita dilatih untuk berbicara, disiplin waktu, dan sebagai pencerah jiwa di sela-sela kesibukan sebagai mahasiswa serta menambah wawasan kita tentang ilmu agama. Selain itu, dari mentoring juga kita bisa mengenal teman dari program studi lain.”
~Adi Rachmattulah (Ketua Himpunan Mahasiswa Fisika FMIPA Unlam)~


“Positif sekali, sebagai sarana sharing dan membimbing kita ke arah yang lebih baik, karena di kuliah hanya ada 3 SKS untuk Mata Kuliah Agama Islam. Jadi, kita perlu mentoring untuk masa depan kita. Dan tentunya mentoring harus dilaksanakan terus, karena di saat kita terlalu sibuk dengan kuliah, kita bias merefresh kembali pikiran kita dengan mengingat Allah.”
~Muhammad Zaini (Ketua Himpunan Mahasiswa Farmasi FMIPA Unlam)~


“Saya merasa acara mentoring ini sangat berguna, karena dapat memberikan pengetahuan tentang Agama Islam lebih mendalam, dan dikarenakan pengajarannya dilakukan dalam lingkup kecil sehingga lebih mudah untuk memperhatikan materi dan mudah untuk bertanya. Saya masih ingat, awal pertama kali masuk mentoring, kami dijelaskan tentang arti Surah Al-Fatihah dan tentu juga beserta maknanya.”
~Itqan Mazdadi (Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer FMIPA Unlam)~

*Kreatif itu mahal, walau sederhana*
Oleh: Muhammad Ery Zulfian

1 komentar:

  1. Anonim mengatakan...:

    hhmmm, berusaha mencerna cuap- cuap mereka..
    oya, bila berkenan mohon kunjungi sini

Posting Komentar